RSS

Tari Peccot


Tari pecut merupakan tarian serupa remoh yang biasa dimainkan oleh remaja putra dan putri dengan gerakan yang syarat dan mengandung filosofi tersendiri. Filosofi yang terkadung dalam tarian pecut ini bahwa tarian ini menggambarkan proses perjalanan manusia yang mana kita nantinya akan mengalami kegagalan maupun kesuksesan dalam hidup ini. Menggambaarkan karakter pribadi seseorang dalam menentukan kebijakannya dalam hidup ini.

Gerakan tarian ini sangatlah padu, artinya gerakan yang satu mendukung terhadap gerakan lainnya. Gerkan tarian ini tidak menunjukkan arti seni yang khusus, melainkan menunjukkan pencapaian sesorang bagi kehidupannya. Berikut gerakan yang harus ada dalam tari pecut ini :
1.      Gerak Tabur Bunga mempunyai makna menyambut tamu istimewa.
2.     Gerakan saat Doa mempunyai makna bahwa setiap sesuatu harus di awali degan doa kepada Tuhan sebagai cerminan masyarakat yang agamis.
3.     Tongghul Pecut maknanya orang Madura yang teguh pendirian.
4.     Gerak Onclang mempunyai makna setiap manusia yang saling membutuhkan, tolong menolong dan menghargai sesama sebagai ciri makhluk sosial.
5.     Gerak Tabangan mempunyai makna menggambarkan kesiapan manusia dalam menghadapi tantangan hidup.
6.    Gerak Mokol Sape mempunyai makna keharmonisan atau keselarasan dalam kehidupan dengan menjaga hubungan baik antara manusia, alam, dan Sang Pencipta.
7.     Gerak Kemenangan bermakna sebagai rasa ungkapan kebahagiaan dan rasa syukur kepada Tuhan

Selain aturan gerakan tarian yang harus ada, ternyata busana yang dikenakanpun ada syaratnya yang harus dilengkapi karena setiap busana yang digunakan menampilkan karakter dari setiap tarian yang ditampilkan. Dalam pertunjukan tari pecut penari putra tidak di make up sedangkan penari putri menggunakan tata rias yang sudah ada seperti sekarang. Iringan musik pada tari pecut biasanya menggunakan tabuhan thuk-thuk dan musik saronen khas Madura.